Apakah itu dimensi? Dimensi adalah sebuah sistem yang diukur dari kemungkinan gerak bebasnya. Misalnya saja ketika ada kemungkinan gerak hanya ke depan dan ke belakang dia disebut dimensi satu, sedangkan ketika dia bisa ke atas dan ke bawah maka dia disebut dua dimensi. Dalam kenyataannya kita adalah makhluk yang hidup di tiga dimensi plus waktu. Ada beberapa dimensi yang kita kenal, saya akan mencoba menggambarkan beberapa dimensi itu.

Dimensi Nol. Dimensi nol adalah titik. Bukan dalam pengertian dari dimensi lain, karena titik dalam dimensi lain bisa jadi memiliki panjang, lebar bahkan tinggi. Tapi titik sempurna. Dimensi ini disebut dimensi nol karena dalam sistem ini tidak bisa bergerak ke manapun. Mungkin pilihan yang ada bagi sebuah titik adalah ada dan tidak ada. Seperti berkedip.

Selanjutnya ketika kita tarik garis maka kita mendapatkan satu dimensi. Dalam satu dimensi sistem ini memiliki satu kebebasan yaitu gerak ke kiri dan ke kanan. Coba bayangkan sebuah titik, dia bisa bergerak dengan bebas ke posisi manapun dalam garis. Sebuah garis yang kecil misalnya bisa bergerak ke kanan dan ke kiri dan berhenti di posisi manapun di dimensi ini. Namun bagaimanapun mereka bergerak mereka tak akan bisa bergerak seperti gerak dimensi lain yaitu atas bawah.

Selanjutnya adalah dua dimensi. Dalam dimensi ini ditambah kebebasan untuk gerak ke atas dan ke bawah. Contoh dari benda yang memiliki dimensi ini adalah gambar kubus atau segitiga. Mereka bisa bergerak bebas dalam suatu hamparan bidang dua dimensi, seperti sebuah kertas.

Tiga dimensi adalah tempat kita hidup. Dimensi ini memiliki panjang, lebar dan tinggi. Dalam dimensi ini gerak menjadi lebih bebas. Kita bisa bergerak ke atas, bawah – kiri,kanan – depan belakang. Ada tiga tipe gerak yang bisa kita lakukan. Namun seperti makhluk bidang lainnya seharusnya kita tak mampu melampaui bidang dimensi kita.

Apakah dimensi hanya terbatas dimensi kita saja. Rasanya tidak. Selanjutnya saya akan membahas kemungkinan dimensi ke empat.