Eksperimen pikiran adalah suatu cara melakukan eksperimen tanpa melakukan eksperimen secara fisik. Eksperimen dilakukan hanya di imajinasi atau pikiran, tidak dilakukan di laboratorium. Dengan melakukan eksperimen ini maka penelitian bisa dilakukan melampaui batas yang ada sekarang. Penelitian ini dilakukan karena alat-alat dan sumber daya sekarang belum mampu mengakomodir percobaan untuk dilakukan. Bukan kita melakukan eksperimen terhadap pikiran kita tapi kita melakukan eksperimen dengan pikiran kita.

Eksperimen pikiran sangat penting bagi bidang sains, apalagi terutama bidang filsafat yang bidang bahasannya seringkali empiris. Tantangan filosofis dari hal ini sederhana. Bagaimana kita bisa mengetahui lebih banyak mengenai realitas hanya dengan berfikir saja?

Salah satu jenis dari eksperimen pikiran ini dan salah satu yang paling terkenal adalah Kucing Schrodinger  .  Bagaimana jika kucing dimasukkan ke dalam kotak bersama sebotol kecil racun dan singel radioactive atom yang punya kemungkinan 50% untuk hancur dan memicu botol menyebabkan kucing meninggal. Sebelum kotanya di buka, kucing dikatakan hidup sekaligus mati karena tidak ada yang tahu apa yang ada dalam kotak.

Contoh mengenai percobaan pikiran yang lain dan lebih kuno dilakukan oleh Gallileo. Untuk membantah Aristoteles mengenai kecepatan jatuh benda berdasarkan massa. Gallileo memberikan gambaran mental. Jika menggunakan pola pikir Aristoteles maka sebuah benda semakin berat akan jatuh semakin cepat. Jika dua buah benda, yang satu lebih berat dari yang lain dan diikat pada sebuah tali lalu dijatuhkan. Maka seharusnya benda yang tidak terlalu berat menghambat kecepatan jatuh benda yang lebih berat. Namun demikian tambahan antara kedua benda seharusnya membuat keduanya jatuh lebih cepat. Ini membuktikan hipotesis Aristoteles salah. Cerita bahwa Gallileo menjatuhkan dua bola logam dari menara Pisa pada kenyataannya mungkin saja hanya legenda; tetapi kenyataannya sebuah eksperimen pikiran yang membuktikannya. Masih banyak lagi eksperimen pikiran lain dalam bidang filsafat dan sains.

Sumber Bacaan:

  • http://www.wisegeek.com/what-is-a-thought-experiment.htm
  • http://plato.stanford.edu/entries/thought-experiment/
  • www.toptenz.net/top-10-most-famous-thought-experiments.php