Dalam bahasa Indonesia kata dalam bahasa Inggris science sulit untuk diterjemahkan. Ini karena dalam bahasa Indonesia sering digunakan ilmu atau ilmu pengetahuan sebagai terjemahan dari science. Science berbeda dengan knowledge. Knowledge bisa diartikan sebagai pengetahuan. Knowledge tidak selalu harus merupakan Science bisa ada pengetahuan yang bukan merupakan Science misalnya pengetahuan sehari-hari seperti dimana restoran yang enak dan di mana tempat parkir. Science memerlukan standar yang lebih tinggi dari pengetahuan biasa.

Ilmu sering digunakan untuk menerjemahkan Science. Sayangnya ini juga menjadi sebuah kerancuan. Karena ilmu bisa dimasukkan kepada pengetahuan-pengetahuan yang di luar bidang Science. Dalam bahasa Indonesia kita bisa mengatakan mengenai Ilmu sihir, Ilmu agama, Ilmu silat. Jika hal ini diterjemahkan ke bahasa Inggris akan memiliki dampak konsepsi yang berbeda. Misalnya Magic-Science, Religion Science, Martial-art Science. Kata Science memiliki pengertian yang lebih sempit dari pengertian ilmu dalam bahasa Indonesia.

Penggunaan ilmu pengetahuan juga merupakan masalah. Dengan mengartikan Ilmu pengetahuan sebagai Science akan didapat suatu pertanyaan tersendiri mengenai istilah Ilmu Pengetahuan. Ilmu Pengetahuan berasal dari kata Ilmu dan Pengetahuan. Jika ditelaah lebih lanjut seperti Ilmu Alam, Ilmu Kimia, Ilmu Agama maka pengertian Ilmu pengetahuan berarti Ilmu mengenai Pengetahuan. Ilmu mengenai pengetahuan, pengertian ini lebih cocok dengan Epistemologi daripada Ilmu pengetahuan.

Cara menyebut Science kadang menggunakan istilah serapan yang disebut Sains. Penggunaan ini lebih aman untuk menunjuk sains secara khusus dan langsung.

Science adalah suatu jenis pengetahuan yang menggunakan metode yang ketat dan bersifar empiris serta rasional. Istilah science lebih khusus daripada sekedar istilah ilmu. Istilah lain yang bisa dipakai adalah Ilmu Pengetahuan, namun demikian penggunaan makna ini bisa menimbulkan kebingungan. Memang seringkali tidak masalah menggunakan dua istilah ini untuk menyebut Science.

Yang menjadi masalah adalah bagaimana menyebut Philosophy of Science. Apakah menggunakan Filsafat Ilmu, Filsafat ilmu pengetahuan, Filsafat Sains? Mungkin perlu penelitian lebih lanjut mengenai penggunaan istilah.