Kecerdasan buatan adalah suatu bagian dari ilmu komputer yang meneliti mengenai mesin yang memiliki kualitas cerdas. Artifisial Intelegence berasal dari dua kata Artificial yang artinya buatan dan Intelegence yang artinya kecerdasan. AI atau kecerdasan buatan sudah sangat terkenal dalam bidang fiksi. Dalam cerita-cerita banyak menggunakan kecerdasan buatan yang bahkan memiliki kesadaran. Hingga sekarang belum ditemukan AI yang bisa dikatakan sadar. Tentu saja ini menjadi perdebatan dalam bidang filsafat.

John McCarthy dari Massachusetts Institute of Technology pada tahun 1956. Kecerdasan buatan termasuk yang 1) memainkan permainan : seperti catur 2) sistem rumit: program komputer untuk memberi keputusan dalam situasi nyata seperti membantu doktor dalam mendiagnosis penyakit 3) bahasa natural: pemrograman komputer untuk memahami bahasa manusia. 4) neural network : sistem yang merupakan simulai dengan mencoba mereproduksi tipe hububungan fisik yang ada pada otak hewan, dan 5) robotik pemrograman komputer yang melihat dan mendengar dan bereaksi pada sensor yang lain.

Mengenai perkembangan AI yang bisa menirukan kepandaian setara manusia sampai sekarang masih belum ada. Namun demikian perkembangannya sebuah program Deep Blue, pada mei 1997 sudah bisa mengalahkan manusia dalam permainan catur. Dalam permainan itu seorang pencatur kelas dunia Gary Kasparov berhasil dikalahkan.

Penelitian dalam bidang A I dibedakan menjadi tiga. Pertama adalah strong AI, Apllied AI dan Cognitive function. Strong AI adalah suatu penelitian untuk menciptakan AI yang kecerdasannya tidak jauh berbeda dari manusia. Applied AI adalah suatu penelitan yang menggunakan AI secara terapan dan penggunaannya. Misalnya pada suatu sistem yang mengenali wajah siapa saja yang diperbolehkan masuk sebuah gedung. Yang terakhir adalah simulasi kognitif adalah suatu penelitian yang menggunakan komputer untuk bisa mengetahui bagaimana pikiran manusia bekerja.

Sumber Bacaan:

  • http://library.thinkquest.org/2705/
  • http://www.webopedia.com/TERM/A/artificial_intelligence.html
  • http://www.alanturing.net/turing_archive/pages/Reference%20Articles/what_is_AI/What%20is%20AI02.html