Dalam sebuah proporsisi sumber dari pernyataan di bagi menjadi dua. Dua jenis pernyataan itu adalah apriori dan aposteriori. Keduanya berasal dari bahasa latin. Apriori artinya dari sebelum sedangkan aposteiori berarti dari sesudah. Keduanya dibedakan berdasarkan dari mana sumber pengetahuan itu.

Apriori menyatakan bahwa sumber pengetahuan itu berasal dari sebelum pengalaman. Rasanya aneh bahwa ada pengetahuan yang di dapat dari sebelum sebuah pengalaman. Namun pengetahuan itu ada. Misalnya saja pengetahuan matematis. Pengetahuan seperti 1+1 =2 tidak kita alami terlebih dahulu, atau tidak butuh pengalaman dahulu. Memang seseorang meragukan karena pengalaman ini mungkin saja berasal dari pengalaman. Memang 1+1 bisa didapat dari pengalaman menambah yang dialami. Tetapi coba jika hasilnya lebih besar. Misal 10000 X 2 =20000. Sebagian besar dari kita pastinya belum pernah menghitung hal itu secara empiris. Namun demikian kita memiliki suatu perhitungan yang tepat mengenai masalah ini.

Pengetahuan lain yang bersifat apriori adalah pengetahuan logika bahasa. Misalnya lingkaran itu tidak memiliki sudut. Kita tidak perlu mengadakan penelitian untuk melihat apakah semua lingkaran itu tidak memiliki sudut. Kita cukup memikirkannya saja. Contoh lain adalah segitiga memiliki tiga sudut. Tidak perlu meneliti lebih lanjut apabila benda disebut sebagai segitiga maka otak kita langsung mengatakan bahwa itu memiliki tiga sudut. Jikalau tidak tiga sudut maka otak kita akan protes dan ragu apakah itu benar-benar bisa disebut segitiga. Contoh lain adalah semua lajang tidak memiliki istri. Kita mengetahui hal ini secara logis. Apabila dia lajang dan memiliki istri maka pada kenyataannya dia tidak lajang.

Pengetahuan aposteriori adalah pengetahuan yang didapat setelah pengalaman. Sebagai contohnya adalah anjing budi hitam. Pengetahuan macam ini didapat dari pengelaman. Karena itu pengetahuan ini dikatakan aposteriori. Contoh lain adalah pengetahuan mengenai sekarang di luar hujan. Kupu-kupu memiliki dua sayap. Langit berwarna biru. Dan lain sebagainya yang didapatkan setelah pengalaman.

Sumber Bacaan:

  • http://atheism.about.com/library/glossary/general/bldef_apriori.htm
  • http://www.iep.utm.edu/apriori/
  • http://www.newworldencyclopedia.org/entry/A_priori_and_a_posteriori
  • http://en.wikipedia.org/wiki/A_priori_and_a_posteriori