Genetika berasal dari kata genetikos yang artinya “Genitive”. Genetika adalah bagian dari Biologi  yang mempelajari masalah gen, keturunan, dan variasi makhluk hidup. Juga mengenai bagaimana proses seseorang melanjutnkan gen-gen miliknya kepada anak-anaknya. Struktur molekul dan fungsi dari gen.   Misalnya saja tinggi, warna rambut, warna kulit dan warna mata.

Manusia mulai menggunakannya pada masa prasejarah, dengan penjinakan dan pengembangbiakan hewan dan tanaman  Pada masa modern ini genetika menyediakan alat yang penting dalam menyelidiki fungsi dari gen tertentu. Dalam organisme, informasi genetk pada umumnya dibawa dalam kromosom, yang mana ada di dalam struktur kimia molekul DNA tertentu.

Gen mengandung informasi yang pentung dalam mensintesis protein, yang mana memiliki peran penting dalam mempengaruhi, walau  dalam beberapa contoh, tidak sepenuhnya menentukan, phenotip akhir dari organisme. Karena Gen adalah Universal untuk semua organisme, genetik bisa diaplikasikan untuk semua sistem kehidupan. Dari virus hingga bakteri, melalui tanaman dan hewan jinak ke manusia. Walaupun sudah diketahui sejak jaman prasejarah, ilmu genetika modern yang memahami proses penurunan sifat dimulai dari George Mendel di abad 19.

Gen berada di dalam DNA. DNA adalah molekul yang tersusun dari ikatan empat neuclotid yang berbeda. Susunan Neucloid ini adalah informasi genetik yang bisa diturunkan. DNA biasanya muncul dalam bentuk ulinan ganda.

Genetika adalah ilmu yang mungkin memiliki potensi untuk mengubah dunia kesehatan kita di masa depan. Genetika mempengaruhi banyak aspek dari kehidupan seperti dalam balap kuda. Dalam balap kuda ketika karakteristik seperti kecepatan dan kekuatan dipilih untuk diteruskan ke generasi selanjutnya. Dalam pemilihan bibit, kita bisa memilih bibit yang unggul. Dalam Teknologi Rekombinasi DNA, unutk memproduksi insulin dan kimia lain untuk mengatasi penyakit.

Sumber Bacaan:

  • http://archive.student.bmj.com/issues/04/09/education/316.php
  • http://www.bionewsonline.com/a/what_is_genetics.htm
  • http://en.wikipedia.org/wiki/Genetics
  • http://www.medhelp.org/medical-information/show/1217/Genetics