Apakah itu Realisme Ilmiah? Apakah itu Anti-realisme ilmiah?

Realisme ilmiah adalah suatu paham yang ada dalam dunia ilmu pengetahuan. Paham ini menyatakan bahwa objek-objek dalam pengetahuan ilmiah itu benar-benar ada dan terpisah dari ilmuan. Dalam sebuah pengetahuan ilmiah, sering kita dapati suatu istilah-istilah, seperti misalnya Quark, virus, photon, gelombang, dark matter, ruang publik, ruang pribadi, Super ego dan segala macam istilah menunjuk pada objek sdalam suatu ilmu pengetahuan ilmiah. Objek pengetahuan alam atau pengetahuan sosial.

Realisme ilmiah berpendapat bahwa apa-apa yang disebutkan oleh pengetahuan ilmiah itu sebenarnya ada di alam nyata, terpisah dan independen dari peneliti. Objek-objek dan relasi-relasi yang digambarkan oleh ilmu pengetahuan itu ada dan nyata dalam alam nyata. Pendapat ini berarti bahwa manusia dengan ilmu pengetahuannya mampu mengakses alam nyata. Segala yang dikatakan para ilmuan merujuk pada suatu keberadaan di alam nyata, tentu tergantung relatif tergantung pada perkembangan ilmu pada masa itu.

Pandangan ini ditentang oleh mereka yang menganut paham Antirealisme. Anti-realisme berpendapat bahwa objek-objek pengetahuan ilmiah eksis sebagaimana di alam nyata. Pandangan ini sebagai contohnya adalah instrumentalisme dan konstruktivisme.

Instrumentalisme berpandangan bahwa objek-objek dalam ilmu pengetahuan dinilai dari kebergunaan. Maka dari itu mereka berpendapat bahwa objek-objek ilmu pengetahuan lebih berdasar pada bisa dipercaya daripada kebenaran. Mereka lebih memfokuskan diri pada sisi pragmatisme dari objek-objek itu. Di sisi lain ada Konstruktivisme, Konstruktivisme berpendapat bahwa objek-objek ilmu pengetahuan merupakan hasil konsensus, ini karena fakta-fakta itu diciptakan oleh para ilmuan.

Kadang seseorang bisa mempercayai bidang-bidang ilmu tertentu realis sedang bidang bidang lain tidak realis. Sebagai contohnya seseorang bisa mempercayai bagian ilmu alam seperti : Fisika, kimia dan biologi sebagai realis, sedangkan dia bisa berpendapat bidang ilmu seperti psikologi, ekonomi, psikologi sebagai tidak realis.

Sumber Bacaan:

  • http://www.fitelson.org/164/realism.html
  • http://en.wikipedia.org/wiki/Philosophy_of_science
  • Michael Devitt. Scientific Realismhttp://www.scribd.com/doc/3863785/Michael-Devitt-Scientific-Realism