Sayangnya falsifikasionisme memiliki banyak sekali kelemahan. Saya akan mencoba menjelaskan beberapa dari kelemahan kelemahannya. Kelemahan-kelemahan ini demikian fatal bagi metode falsifikasionisme yang diusulkan oleh Popper.

Pertama adalah sebuah hipotesis tak bisa dipisah untuk diuji secara tersendiri. Teori selalu datang dalam kelompok yang saling berkaitan. Sebuah teori selalu didukung dan terkait dengan teori-teori yang lainnya. Inilah yang menyebabkan sebuah teori tidak bisa difalsifikasi secara utuh.

Sebagai contohnya teori mengenai bumi bergerak dan tidak bergerak. Sebuah batu dijatuhkan dari menara. Ini menyebabkan batu itu jatuh ke bumi dengan lurus. Dari perspektif teori bahwa bumi diam maka ini merupakan bukti bahwa teori bumi bergerak salah dan membenarkan bahwa bumi sebenarnya diam. Sebaliknya teori yang menyatakan bahwa bumi bergerak mengajukan teori bahwa karena bumi bergerak benda-benda di dalamnya juga ikut bergerak. Kedua teori ini tidak bisa dibenarkan dan disalahkan melalui falsifikasionisme.

Kedua adalah bahwa dalam masa awalnya teori besar sudah difalsifikasi. Banyak teori besar yang awalnya disalahkan. Ini disebabkan kurangnya teori-teori pendukung. Sudah kita lihat di atas bahwa sebuah teori saling terkait satu sama lain. Sebuah teori tidak bisa terpisah satu sama lain. Dengan demikian maka ketika pada masa awalnya teori itu langsung disalahkan maka akan mengurangi kesempatannya untuk berkembang.

Berhubungan dengan masalah yang kedua adalah bahwa para ilmuan sering menggunakan keberadaan asumsi pendukung untuk menghindari falsifikasi. Dalam sebuah percobaan falsifikasi tidak bisa memisahkan dan menguji sebuah hipotesis secara terpisah. Karena itulah ketika dalam percobaan menjatuhkan batu diatas sebenarnya “ batu akan jatuh agak menyamping jika benar bumi berputar, Dengan asumsi segala sesuatu di bumi tidak berputar bersamanya” Akhirnya yang disalahkan adalah argumen yang ada di garis miring. Bukan teori bahwa bumi bergerak.

Sumber Bacaan:

  • http://en.wikipedia.org/wiki/Falsifiability
  • http://www.iep.utm.edu/conf-ind/#SH3a
  • http://www.galilean-library.org/site/index.php?/page/index.html/_/essays/philosophyofscience/falsificationism-r52
  • http://en.wikipedia.org/wiki/Karl_Popper#Philosophy_of_science
  • Chalmer- What is this thing called Science?