Positivisme adalah salah satu faham dalam filsafat ilmu pengetahuan. Paham ini menyatakan bahwa metode ilmiah adalah metode paling baik untuk menelaah semua fenomena baik ilmiah ataupun humanistik. Filsafat ini bermula sebagai respon dari filsafat Idealis yang tidak mampu memecahkan permasalahan yang ada. Bisa dikatakan Positivisme merupakan empirisme yang ekstrim dan mencapai konsekuensi-konesuensi rasional atas hal tersebut.

Ide-ide mengenai Positivism sebenarnya sudah muncul dari dahulu. Namun Ide ini berkembang terutama pada masa itu olehi Auguste Comte. August Gomte adalah seorang filsuf dia juga adalah penemu ilmu sosiologi. Dia berpendapat bahwa perkembangan sosial menjadi tiga tahap.

Tahap pertama adalah teologis, metafisis dan positif. Émile Durkheim walaupun tidak setuju dengan detail-detail dari filsafat Comte namun dia mempertahankan metodenya dan memperbaikinya, mempertahankan ilmu sosial sebagai lanjutan dari ilmu alam dalam kegiatan manusia. Pada akhir abad keduapuluh muncul antipositivisme dalam bidang sosiologi.

Filsafat ini kemudian juga dikembangkan oleh Ernest Mach dan Avenarius.

Pada abad ke duapuluh aliran ini muncul lagi yang disebut sebagai positivisme logis. Positivisme logis adalah suatu aliran filsafat yang dikembangkan oleh kelompok lingkaran Wina. Mereka menggabungkan filsafat positivisme dengan filsafat Analitis. Mereka mewujudkan bentuk baru dari positivisme.  Positivisme pada masa ini juga dikembangkan oleh Lingkaran Berlin.

Pada masa selanjutnya kritik terhadap positivisme oleh para filsuf ilmu seperti Kuhn dan Popper membawa pada paham baru yaitu Post-Positivisme. Positivisme berpengaruh dalam berbagai ilmu pengetahuan. Dari psikologi dia melahirkan Behaviorisme dan opersionalisme dan dari hukum dia melahirkan positivisme legal. Pada masa sekarang penggunaan positivisme dalam ilmu sosial. Positivisme dalam ilmu sosial sering disamakan penelitian kualitatif.

Sumber Bacaan:

  • http://www.marxists.org/reference/subject/philosophy/help/mach1.htm
  • http://www.socialresearchmethods.net/kb/positvsm.php
  • http://en.wikipedia.org/wiki/Positivism