Siapa yang tidak kenal dengan Albert Einstein dan rumus E=mc2 nya? Tentu saja semua orang akan mengenalnya. Albert Einstein lahir pada tanggal 14 maret 1879 di Jerman. Seorang bocah yang sangat penasaran dengan kompas magnetis. Penasaran bagaimana sebuah jarum besi bisa terus menunjuk ke arah utara oleh suatu kekuatan yang tak tampak. Kompas memberinya ide bahwa ada sesuatu di belakang benda-benda. Sesuatu yang tersembunyi. Dia dikenal sebagai seorang bocah yang lamban berbicara namun memiliki konsentrasi yang amat tinggi.

Sekolah pertama Einstein adalah sekolah dasar katolik. Pada umur delapan dia pindah ke sekolah Luitpold Gymnasium, disini dia bersekolah hingga sekolah menengah. Pada sekolah ini dia menentang otoritas yang menurutnya mengekang pembelajaran kreatif. Ini menyebabkan dia bermasalah dengan sekolahnya.

Einstein kemudian mencoba bersekolah di Eidgenössische Polytechnische Schule (ETH) di Zurich, namun karena tidak memiliki surat kelulusan maka dia harus mengikuti ujian masuk. Dia gagal mengikuti ujian ini. Einstein terpaksa melanjutkan sekolah menengahnya di Aarau di utara swiss. Pada tahun 1896 pada usia tujubelas tahun dia belajar untuk memperoleh diploma mengajar matematikan dan fisika di Polytechnic di Zurich.

Einstein dan Marić menikah pada January 1903 dan bercerai pada 14 February 1919  Einstein kemudian menikahi Elsa Löwenthal  (née Einstein) pada 2 June 1919. Pekerjaan pertama Einstein adalah sebagai klerk kantor paten. pada1908, dia dikenal sebagai ilmuan yang terdepan karena tulisan tulisannya dia keluar dari kantor paten dan menjadi guru di Universitas Bern. Pada tahun 1921 dia mendapat nobel di fisika.

Pada 1933, karena kekuasaan Nazi -Hitler berkuasa- dia pindah ke amerika menghindari kekuasaan Nazi. Pada tahun 1939 dia mengingatkan pemerintah Amerika dipimpin Franklin D. Roosevelt penelitian bom atom yang mungkin dilakukan pemerintahan Nazi. Einstein meninggal pada 17 april 1955 karena penyakit.

  • http://inventors.about.com/library/inventors/bleinstein.htm
  • http://en.wikipedia.org/wiki/Albert_Einstein