Rudolf Carnap adalah seorang filsuf kebangsaan Jerman, namun kemudian berkebangsaan Amerika serikat. Dia adalah salah seorang filsuf besar dari abad ke duapuluh. Filsafatnya menganut Positivisme logis.

Carnap lahir pada tahun 1891 di barat laut jerman. Sebagai pemuda dia suka melihat ibunya menulis biografi mengenai ayahnya-kakek Carnap. Seakan ibunya itu melakukan aktivitas magis menaruh pikiran ke dalam kertas. Setelah ayahnya meninggal pada 1898 dia dan keluarganya pindah ke Barmen Carnap sekolah di gymnasium.

Pada tahun 1910 mereka pindah ke Jena. Di Jena dia belajar di Universitas Jena dan Freiberg. Sebagai pelajar nampaknya Carnap terpengaruh oleh pemikiran Immanuel Kant dari buku Critique of Pure Reason. Ketika belajar di Jena dia pernah mengikuti kuliah Gottlob Frege, kuliah itu mengenai Begriffschrift dua kali dan Logik in der Mathematik satu kali. Ketika masa itu dia tertarik pada logika dan penerapannya pada matematika, tapi ketertarikan utamanya masih fisika. Selama perang dunia satu studinya tertunda karena wajib militer.

Setelah lulus dari Universitas Jena dia mengajar di Universitas Wina. Dia menjadi pemimpin Lingkaran Wina yang menganut Positivisme logis. Ketika Nazi berkuasa dia terpaksa kabur ke Amerika serikat. Setelahnya dia berganti kewarganegaraan Amerika Serikat. Dia mengajar di beberapa tempat seperti Universitas Chicago, Institut Advanced Studies di Princeton dan Universitas California. Dia termasuk pionir dari tradisi filsafat analitik. Dia menulis berbagai buku seperti The Logical Syntax of Language (translated 1937), Meaning and Necessity (1947),  Logical Foundations of Probability (1950), The Logical Structure of the World (1928) Pseudoproblems in Philosophy (1928) Introduction to Semantics (1942), Formalization of Logic (1943), dan Meaning and Necessity: A Study in Semantics and Modal Logic (1947).

Sumber Bacaan:

  • http://www.rbjones.com/rbjpub/philos/history/rcl000.htm
  • http://www.trincoll.edu/depts/phil/philo/phils/carnap.html
  • http://www.iep.utm.edu/carnap/