Lingkaran Wina atau Der Wiener Kreiss adalah suatu istilah yang merujuk pada kelompok sekumpulan filsuf yang berkumpul di sekitar Universitas Vienna pada tahun 1922. Mereka berkumpul di sekitar Moris Schlick setelah dia kembali ke Vienna pada tahun yang sama, kemudian dia menjadi ketua dari kelompok ini. Dikenal juga sebagai Ernst Mach Society (Verein Ernst Mach) .

Diantara anggota-anggota kelompok ini seperti M. Schlick, Rudolf Carnap, H. Feigl, P. Frank, K. Gödel, H. Hahn, V. Kraft, O. Neurath, F. Waismann. Kelompok ini memiliki hubungan dengan K. R. Popper dan juga H kelsen. Mereka juga sering membahas tulisan filsuf Wittgenstein. Kelompok ini diawali pertemuan membahas epistemologi dan filsafat ilmu oleh Philipp Frank, Hans Hahn and Otto Neurath di kafe di vienna. Mereka kemudian membawa Moris Schlick yang memiliki jabatan di universitas Vienna.

Anggota dari kelompok ini (kecuali Kurt Godel) menganut suatu faham yang disebut Positivisme logis. Pham ini dianggap radikal karena tidak hanya menyatakan metafisika salah, namun menyatakan metafisika tidak ada artinya. Mereka mengambil inspirasi dari filsuf Wittgenstein dalam buku Tractacus Logico Philosophicus, walau sang filsuf sendiri merasa bahwa interpretasi mereka kurang tepat. .

Pada tahun 1929 Hahn, Neurath dan Carnap menerbitkan Wissenschaftliche Weltauffassung. Der Wiener Kreis (A scientific world-view. The Vienna Circle) sebuah manifesto dari kelompok ini. Pada 1928 dan 1937  menerbitkan sepuluh buku dalam seri Schriften zur wissenschaftlichen Weltauffassung (Papers on the Scientific Worldview). Diantara buku itu ada was Logik der Forschung, 1935 buku pertama dari filsuf Karl Raimud  Popper.  Kelompok ini dibubarkan ketika partai Naxi berkuasa di Jerman. Banyak yang bermigrasi ke Amerika, Schlick  tinggal di Austria tapi 1936 dia dibunuh pelajar simpatisan Nazi di Universitas Vienna.

Sumber Bacaan:

  • http://en.wikipedia.org/wiki/Vienna_Circle
  • http://plato.stanford.edu/entries/vienna-circle/
  • http://www.iep.utm.edu/viennacr/